Daftar Blog Saya

Sabtu, 12 April 2014

MAUMERE kota kecil ku

Maumere adalah sebuah kota kecil yang tak begitu ramai, namun kota ini menyimpan banyak tempat wisata yang kurang terekspos oleh media, pariwisata kota ini kurang di kenal oleh para wisatawan baik itu wisatawan domestik atau pun manca negara, kebanyakan para wisatawan lebih mengenal wisata di pulau flores bagian barat seperti komodo dan pink beach.
Maumere kota kelahiran ku ini terletak di tengah pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Maumere memiliki beberapa destinasi wisata yang wajib untuk di kunjungi jika anda berkunjung di kota ini,
 Meumere dengan Wisata Alamnya baik itu pengunungan maupun Laut yang indah dan cantik, serta wisata Sejarah dan Wisata Rohani katolik.  dijamin Maumere menawarkan tempat wisata yang berbeda dan tak ada di tempat lain. Bagi yang menyukai kuliner jangan takut di sini anda akan dimanjakan oleh makanan laut yang segar dan enak-enak.

untuk sampai di kota ini anda tak perlu kawatir dengan sarana transportasi, karena Maumere adalah salah satu kota di Pulau Flores yang sangat maju dibandingkan dengan kota-kota lain di Pulau Flores, karena kota ini terletak di Pintu masuk Pulau Flores baik itu melalui jalur Laut ataupun Udara. Maumere memiliki Pelabuan Laut terbesar dan teramai di Pulau Flores dan merupakan gerbang masuknya kapal-kapal besar dari pulau-pulau besar di Indonesia, hampir setiap hari Pelabuan L.Say Maumere tak pernah sepih karena di kunjungi oleh kapal-kapal besar yang memuat peti-peti kemas dari pulau Jawa,Sulawesi dan Kalimantan serta kapal-kapal milik PELNI yang melayani pelayaran dari kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya,Jakarta dan Makasar. Untuk jalur udara Maumere memiliki Bandara Udara terbesar di Flores dengan Fasilitas yang cukup baik dan memadai dengan rute penerbangan Maumere -Kupang, Maumere -Makasar, Maumere- Bali, Maumere - Surabaya, Maumere - Balikpapan dan  Maumere - Jakarta.  hampir tiap hari ada maskapai yang melayani penerbangan dari dan menuju Maumere. Bandara Udara Frans Seda Maumere adalah badara udara terbesar di Flores dan bisa di darati oleh pesawat berjenis Boeing 373. Saat ini terdapat beberapa maskapai yang melakukan penerbangan ke Maumere yaitu : Merpati Airline, Lion and Wings Airline, TransNusa,Pelita Airline, Sky Airline. dengan jadwal penerbangan hampir setiap hari melayani penerbangan ke Maumere. So tunggu apalagi dan jangan takut untuk mengunjungi Maumere.
Tanjung Maumere
kerana Maumere menawarkan tempat wisata alam yang masih Asri dan belum terjamah oleh tangan-tangan jail, bagi yang membutuhkan wisata yang aman,nyaman dan tak ramai Maumere adalah tempat yang sangat pas dan cocok. Maumere menyediakan wisata Laut yang cantik ada beberapa tempat yang wajib di kunjungi yaitu
1. Sea Word Club dimana menawarkan wisata pantai yang cantik dengan taburan pasir putih dan alam bawah laut yang cantik serta menyatuh dengan tempat pengenipannya, cukup dengan waktu 30 menit dari bandara udara Frans Seda atau dari Kota Maumere, anda bisa menaiki Taxi Airport, atau bisa menggunakan lansung agen traveling yang disediakan oleh pihak SeaWord.

2. Sao Wisata, Tempat ini tak jauh dari kota Maumere cukup dengan waktu 30 menit perjalanan menggunakan mobil ke arah timur Maumere anda akan menemukan tempat ini dengan berbagai fasilitas yang di tawarkan mulai dari pengenipan rumah penginapan yang mirip seperti rumah adat maumere, Kolam Renang yang berdekatan dengan Laut dan dihiasi oleh pasir putih dan sore hari anda bisa menikmati sunset yang cantik di tempat ini.

3. Gading Beach dan Waliti Beach dua tempat ini berada di sebelah barat kota Maumere dengan pasir laut yang cantik dimana hotel dan area wisata lautnya menyatu dengan menawarkan berbagai fasilitas liburan pantai yang menarik dan sunset yang cantik di tempat ini.

4. Tanjung Maumere adalah tempat yang wajib di datangi oleh para wisata, bertempat di sebelah barat Maumere, terletak di jalan TransUtara Maumere dan bisa dijadikan lokasi liburan yang menarik karena para wisatawan bisa merasakan angin pantai yang sejuk dari atas bukit dan bisa berfoto-foto dengan latar tanjung maumere yang cantik dan Indah.

5. Pantai Sikka, Terletak di kampung Sikka dengan nuansa potugis yang masih kental anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus di kampung ini, diantaranya Pantai Sikka yang terkenal dengan Ombak pantai Selatannya dan Karang-karang besar dan kecil yang sangat bagus untuk diabadikan melalui kamera wisatawan, selain itu Kampung ini menawarkan wisata peninggalan portugis berupa Gereja Katolik dengan arsitek Portugis yang masih dipertahankan sampai sekarang, dan anda juga bisa melaukan wisata belanja oleh-oleh berupa kain sarung hasil tenunan para ibu-ibu di kampung Sikka.untuk mencapai tempat ini tak perlu kawatir banyak angutan umum yang lewat tiap hari dari kota Maumere menuju kampung Sikka.
6. Pantai Bola dimana pantai ini mensuguhi pantai selatan yang waow dengan ombaknya dan begitu menarik karena terdapat salib di tengan pantai yang berdiri kokoh di atas batu karang yang dihantam ombak, serta di tempat ini di Desa Bola anda bisa mencicipi Moke minimun beralkohol khas Maumere yang dijamin enak dan bakal di buat ketagihan.

7. Paga Beach, terletak di desa Paga lumayan jauh dari kota Mamumere jika ingin mengunjungi tempat ini anda bisa menyewa mobil dari kota Maumere sekaligus dengan sopirnya maklum aja trak jalanan menuju tempat ini lumayan berbelok-belok, namun tak perlu kawatir karena sepanjang jalan akan di suguhi pemandangan alam yang masih asri dan cantik dengan nuansa pedesaan khas Flores, Di paga Beach wisatawan bisa sepuasnya berselanyar dan menikmati seafood yang segar dan ramah di kantong wisatawan.
Watu krus, _Bola

Selain tempat wisata Pantai yang begitu indah Maumere juga menawarkan tempat wisata sejarah, dimana di Maumere kita bisa mengunjungi Museum terbesar dan terlengkap di Pulau Flores yaitu Museum Blikon Blewud yang terletak di Leda Lero sebelah barat kota Maumere dengan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit kita bisa menggunjungi tempat wisata ini dari hari senin sampai Sabtu setap jam kerja yaitu dari pukul 08.00-15.00 Wita. dimana museum ini akan mengajarkan kepada kita tentang sejarah kota Mumere Manise dengn Pengaruh Portugisnya yang kental dan akan belajar banyak tentang fosil karena museum ini memilki koleksi fosil terbaik dengan fosil unggulannya adalah Homo Florensis atau biasa dikenal manusia Flores pertama.
Museum Blikon Blewut

Bagi wisatawan yang ingin melakukan siara rohani Maumere adalah tempat yang cocok dan pas bagi para umat katolik untuk melakukan siara, karena kota ini merupakan salah satu kota terpilih yang pernah di kunjungi oleh Paus Yohanes Paulus II pempin tertinggi umat Katolik  Romawi di Dunia. Di kota ini terdapat beberapa tempat ziara dan tempat Ret-ret yang nyaman dan sangat cocok bagi yang ingin melakukan siara rohani iman katolik. Di tengah kota Maumere anda akan disunguhkan oleh patung Kristus Raja yang mega dan berdiri kokoh di tengah kota Maumer. di tempat ini para wisatawan bisak melakukan doa kapan saja karena gerbang Kristus Raja di biarkan terbuka selama 24 jam, jadi bagi yang ingin berdoa bisa lansung masuk ke taman Kristus Raja untuk berdoa, di dekat taman kristus raja juga terdapat gareja Katedral St. Yoseph Maumere, jadi selain mengunjungi kristus raja wisatawan juga bisa mengunjungi gereja Katedral.
Taman Kristus Raja
Selain itu Maumere juga menawarkan tempat wisata rohani di atas bukit Nillo yang begitu indah dan tenang jauh dari keramain kota, Dia atas bukit Nillo terdapat Patung Bunda Maria Segalah Bangsa yang menghadap ke kota Maumere, di atas bukit yang merupakan puncak tertinggi dari Maumere anda bisa melakukan doa dan ret-ret yang bertempat di rumah ret-ret Nillo milik Ordo Pasionis Maumere. di sana kita bisa lebih dekat dengan santa maria melukakan doa dan juga sekaligus bisa menikmati pemandangan kota Maumere dari atas ketinggian. selain itu terdapat juga bukit Golgota dan stasi-stasi atau perhentian untuk melakukan jalan salib Nillo merupakan tempat yang sangat cocok dengan kontur tanah yang naik turun menawarkan sensai sendiri saat kita melakukan jalan salib di temapat ini.  di sini saya ingin berbagi sedikit tips bagi para wisatawan jika ingin berkunjung ke Nillo sewa la mobil dari kota Maumere lansung dengan sopirnya karena trak jalan menuju Nillo sangat menantang berada di atas bukit yang tinggi dengan jalanan yang menanjak den bertikung membutuhkan orang yang sudah paham medan nya sehingga tidak menyusahkan jika ingin berkunjung ke Nillo, selain itu para pengunjung juga harus menyediakan baju hangat atau jaket karena di tempat ini sangat dingin sehingga ziara rohani anda tidak terganggu dengan cuaca dingin di Nillo yang sangat berbeda dengan kota Maumere yang panas.
Bunda Segalah Bangsa _ Nillo
Setelah puas menikmti wisata pantai, sejarah dan wisata Roahani anda akan disunguhkan oleh wisata kuliner yang enak dan sangat menggoda untuk di cicipi, Maumere merupakan kota di pesisir pantai Utara Flores menawarkan berbagi olahan Seafood yang menarik dan wajib untuk dicicipi oleh para wisatawan. Di kota ini anda tak perlu kawatir untuk mendapatkan makanan karena terdapat banyak tempat makan yang enak dan pastinya pas di kantong, jika ingin merasakan makanan seafood sambil menikmati suasna angin pantai, anda bisa mengunjungi pelabuan L say Maumere di sana terdapat banyak rumah makan yang menyajikan menu seafood yang fress dengan suasana pantai. Namun jika anda ingin memanjakan perut anda dengan makan daging  ayam,ataupn sapi jangan takut di Maumere ada dua tempat makan yang bukanya dari senja hingga tengah malam namanya Pasar Senja Bertepat di Beronjong di pusat kota di sini banyak terdapat makanan khas maumere seperti lawar,ikan bakar,kua asam tuna yang dijamin masih fress dan enak. juga terdapat di belakang Gelora Samador berjejer rumah makan-rumah makan yang enak dan pas di kantong. Bagi wisatawan  jangan kawatir makanan di sini di jamin halal dan aman untuk di konsumsi.

Maumere juga terdapat banyak penginapan mulai dari hotel yang mahal hingga yang murah, ini ada beberapa nama hotel yang bisa dijadikan tempat anda beristirahat jika berkunjung ke Maumere
1. Hotel Silvia
2. Wailiti Hotel
3. Budi Sun Hotel
4. Sao wisata
5. Sea Word
6. Bengoan Hotel
7. Hotel Bogor
8. Mai wali Hotel

Jadi jangan takut untuk mengunjungi Maumere dan menikmati liburan di kota ini :)