Daftar Blog Saya

Kamis, 08 Desember 2011

Pengalaman Berharaga


Ini merupakan sebuah pengalaman hidup 
anak kost,
yang berada di Yogyakarta


Ini merupakan sebuah pengalaman hidup anak kost, yang berada di Yogyakarta, yang di tuangkan dalam sepengal cerita, tanpa ada unsur SARA. Tapi merupakan sebuah kebineka tunggal ika yang ada di Indonesia, terkhususnya yang ada di Yogyakarta.
Setelah memutuskan untuk menjadi mahasiswa strata satu di Yogyakarta, berarti saya juga harus menghadapi konsekuensi sebagi anak kost rantauan yang akan belajar menimbah ilmu di Universitas dan belajar bersosialisasi bersama lingkungan baru yang merupakan raung lingkup hidupku, belajar untuk menjadi mandiri, balajar untuk saling mamahami karakter dan pribadi seseorang serta belajar untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dan intinya belajar untuk mengerti dan memahami apa arti dan makna hidup itu sendiri.
Disini saya akan berbagi sedikit pengalaman anak kost, yang nota bene pekerjaannya adalah mahasiswa rantauan,…
            Ya menjadi Mahasiswa, dan menjadi anak kost adalah suatu pengalaman hidup yang baru buatku dan sangat berharga  bagi perjalanan hidupku, suatu babak baru dalam putaran roda kehidupanku yang akan mendewasaakan pribadi orang yang menjalankan. Menjadi anak kost barati semua harus dijalankan sendiri mulai dari hal yang paling mudah dan termasuk hal yang paling susah dan berat sekalipun. Dari hidup menjadi anak kost yang bertempat tinggal di daerah depok_sleman jogja, saya harus belajar untuk bisa bersosialisasi dan belajar untuk bisa mengatur hidupku sendiri, tanpa ada papa,mama, dan kakak ataupun adikku… mulai dari waktu,kegiatanku,hingga keuanganku. Benar-benar pelajaran yang berharga bagaimana saya harus mengatur waktu kulia,waktu untuk belajar,waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan komunitas yang ada di sekitarku, hingga waktu untuk meluangkan hobbyku.
            Aku sangat bersyukur bisa melanjutkan pendidikanku hingga di tahap universitas, karena di luar sana banyak teman-temanku yang seumuranku belum tentu mendapatkan  kesempatan yang sama denganku, Terimah kasih Tuhan, terimah kasih Bapa & mama,…
 I Love Uuu full… 
menjadi anak kost adalah sebuah pilihan hidupku, dan tetap menikmati hidup sebagai anak kost yang masih tiap bulan menunggu kiriman dari kedua orang tuaku,… menjadi mahasiswa aku harus pintar-pintar dalam segalah hal, bukan saja masalah waktu untuk belajar dan bersosialisasi sebagai tugas pokokKu di kota pelajar ini,..
            Tetapi pintar-pintar dalam mengatur keuangan khususnya pengeluaran dalam sebulan sesuai dengan kiriman yang didapatkan dari orang tuaku, kata teman kost_ku sebut saja Yuni. “jadi anak kost di jogja bisa hidup karena gesek kartu di mesin yang jam kerjanyanya 24 jam. Klh berhenti gesek, berarti sama dengan berhenti untuk berimajinasi” merupakan sepenggal kalimat yang mempunyai makna yang banyak, dan bisa diartikan dengan berbagai versi anak kost,.. ya dan secara tidak lansung membuat saya harus pintar dalam mengatur pengeluaran saya dalam segalah hal, baik itu untuk makan,membeli buku yang menunjang proses belajarku, dan mengatur uang untuk kebutuhan sekunderku, ya biasa kebutuhan anak muda yang hidup di dunia globalisasi ini,.. tak kupungkiri kalau aku dan teman-temanku yang rata-rata merupakan anak kost, juga mengenal dan merasakan istilah tanggal tua, dan tanggal mudah,. Hahahahahahahahahaha

mungkin kedengaranya lucu atau sedikit garing, tapi inilah realita yang ada. Ini yang dihadapi dan dijalani, disaat tanggal muda, saldo rekening membuncit, banyak daftar pengeluaran yang di data, namun semua ada porsinya dan mana yang harus didahulukan, karena jangan sampai tanggal tua gigit jari atau tiap hari makan di burjo atau angkringan, rumah makan yang murah meria dan pro rakyat atau harga mahasiswa di tanggal tua,. Hahahahahahah itu merupakan pola hidup anak kost di kota pelajar. Jadi kalau tidak mau susah di kemudian hari yaaaa mau tak mau membuat saya harus putar otak untuk bisa mengatur keuangan dengan baik selama sebulan.
            Gaya hidup dan pola hidup pun harus bisa dikontrol dengan baik jika tak mau hidup susah, di kota pelajar,..
Dimana pengalaman menjadi anak kost, secara tidak lansung mengajarakan bagaiaman menjadi orang yang lebih dewasa,dan menegerti dan memahami apa itu hidup, dan arti hidup sebenarnya serta dapat bersyukur dengan kehidupan yang didapatkan dari Tuhan…