Daftar Blog Saya

Senin, 08 April 2019

Hutan Mangrove Lantebung

Hutan Mangrove adalah salah satu rumah bagi ekosistem laut. Seiring dengan perkembangan zaman manusia dewasa ini sangat menyadari betul tentang lingkungan di sekitarnya. Salah satunya adalah dengan memelihara dan merawat hutan mangrove yang merupakan rumah bagi ikan,kerang,udang dan kepiting laut. Selain itu fungsi utama hutan mangrove adalah mencegah terjadinya Abrasi Laut .
Sekarang Hutan Mangrove juga dijadikan sebagai wahana wisata edukasi bagi para generasi milenilal. Generasi milenial sangat berkaitan erat dengan yang namanya teknologi. Sehingga terbentuklah ide- ide yang memadukan antara wisata dan teknologi .
Banyak Kawasan Hutan Mangrove di bentuk lanscape yang sedemikian cantik dan indah dipandang mata sehingga membuat para generasi milenial yang hidup saat ini yang tak bisa lepas dari yang namanya teknologi berbasis digital ini untuk mampir berwisata dan mengenal secara lansung proses tumbuh dan kembangnya hutan mangrove serta membantu mempromosikan kawasan hutan lindung mangrove kah layak umum dan juga mempelajari proses tumbuh kembang dan juga merawatnya bagi kelangsungan hidup alam di sekitarnya.


Saya pun berkesempatan Solo Traveling pertama saya di Makassar ke Hutan Mamgrove Lantebung. Kebetulan letaknya tidak jauh dari tempat tinggal ku di Makassar. Kawasan ini berada di persis samping exit pintu tol Sutami 5  lansung belok kiri.  Dan kalau lewat pinggir tol juga bisa persis di pinggir tol Baddoka Parangloe. Untuk masuk dalam kawasan Hutan Mangrove Lantebung anda harus menempuh perjalanan sekitar 2km dari jalan utama. Akses jalannya cukup bagus jalannya sudah di beton sepanjang jalan anda akan disuguhkan rumah-rumah panggung dan perkampungan nelayan Lantebung. Terdapat pengarah jalan menuju hutan mangrove memudahkan anda untuk sampai pada destinasi tujuan.
Untuk masuk dalam kawasan anda hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 2.000;-  sebagai karcis masuk kawasan. Setelah masuk anda akan mendapatkan jalanan kayu yang di cat warna warni membentang sepanjang lahan hutan mangrove yang bisa dijadikan sebagai spot foto dan juga bisa melihat ekosistem Laut lainnya yang ada di Hutan Mangrove Lantebung.
 Sesekali anda akan disuguhkan oleh pemandangan perahu nelayan yang hilir mudik melewati kawasan hutan bangkai. Akan menjadikan mata anda untuk enggan menutup mata dan akan memilih untuk berdiam sejenak dan melihatnya. Ingat bermainlah dengan alam, maka alam akan terus melindungi dan menyertaimu dengan caranya sendiri.

1 komentar:

  1. wah, seru banget nih kayaknya, jadi pengen juga buat wisata seperti ini. Salam dari Muslim di Solo

    BalasHapus