Daftar Blog Saya

Minggu, 10 Juli 2016

Pantai Koka


Pantai koka adalah salah satu pantai yang belakangan ini menjadi pantai yang sangat sering dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun manca Negara. Pantai koka berada di kecamatan Paga Kabupaten Sikka Flores Nusa Tenggara Timur adalah salah satu pantai yang beberapa bulan lalu sangat buming di media sosial beberapa aktris dan aktor nasional yang melakukan syuting film tiga darah yang mengambil lokasi di Pantai Koka.

Pantai koka jika sekilas kita melihatnya dia sangat mirip dengan pantai Ngerenehan di Gunung Kidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, karena sama-sama pantai selatan dan memiliki kontur tebing atau karang laut yang menjulang tinggi dihiasi oleh pepohonan dan rerumputan hijau sepanjang batu karang yang mengelilingi kedua pantai ini. Namun pantai Koka mempunyai ciri yang membedakan mereka adalah ada sebuah karang ditengah pantai yang membelah pantai Koka ini menjadi dua bagian. Pantai Koka sudah dikelolah dengan baik oleh masyarakat disekitar pesisir pantai banyak terdapat pondok-pondok di tepi pantai yang disewakan untuk pengunjung yang ingin bersantai di bibir pantai serta terdapat warung-warung kecil dan toilet yang tertata rapih. Akses jalan menuju pantai koka pun sudah cukup baik dan bagus. Hanya sayang ketika kami mengunjungi pantai Koka kami dikenakan biaya masuk Rp 50.000,- untuk dua mobil dan tak diberikan karcis retribusi masuk kawasan pantai Koka itu yang membuat kami kesal kan bisa saja mereka melakukan pemungutan liar. Ya saya harapkan bisa diperhatikan oleh pemerintah desa setempat untuk menentukan tarif parkir yang sesuai dan diadakan karcis sehingga bisa dikontrol jumlah pengunjung dan kendaraan yg masuk ke kawasan pantai Koka, bagaimana pun juga hasil dari pengolahan pantai yang baik dan indah ini bisa dinikmati oleh pengunjung dengan baik dan warga sekitarpun mendapatkan dampak ekonomi yang baik juga buat warga sekitar.
Dipantai Koka kami tak terlalu lama mengunjungi hanya sekedar minum es kelapa muda dan bercerita-cerita kurang lebih setengah jam sambil mengilangkan penat dan pusing perjalanan yang berlikuk-likuk dan tikungan yang tajam dari danau kelimutu menuju ke kota Maumere, Pantai Koka sebagai tempat persinggahan sementara jadi saya pun tak bisa melakukan kebiasaan saya kalau ke pantai yaitu berenang di laut karena tak membawa baju ganti selain itu saya pun masih pusing perjalanan yang begitu panjang dari danau Kelimutu. Walaupun demikian alam pantai koka dengan ciri khas topografi pantai selatan cukup untuk menghilangkan pusing perjalanan dan mengenang alam pantai sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta maklum saja selama tinggal di Yogyakarta saya jatuh cinta terhadap alam pantai selatan sepanjang Gunung kidul dan dua bulan sekali saya selalu ke pantai dan pantai ngerenehan adalah pantai favoritku diantara semua pantai yang berada sepanjang garis pantai selatan gunung Kidul, sehingga mengunjungi pantai Koka membuat saya gagal move on dari pantai-pantai yang ada di Jogja hehehehe.
Ku berjanji suatu saat akan kembali lagi mengunjungi pantai Koka dan harus basah-basahan sebelum pulang, karena tak lengkap kalau ke pantai dan gak berenang.  “ Pantai Koka Tunggu Aku Kembali !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar